logo

Cara Menghapus Virus di Android Terbaru 2019 Yang Sudah Terbukti Ampuh

Cara Menghapus Virus di Android Terbaru 2019 Yang Sudah Terbukti Ampuh
Apakah smartphone android kamu sedang terkena virus? Jika iya maka sekarang anda berada ditempat yang tepat. Karena admin blog cara aQbar akan membagikan panduan lengkap cara menghapus semua virus yang ada di smartphone kamu.

Panduan Menghapus Virus di Android ini sudah terbukti ampuh membersihkan smartphone dari berbagai macam virus, seperti virus Malware yang sangat menganggu dan membebani peforma smartphone.

Dan panduan menghapus virus di android ini kamu terapkan disemua smartphone android, mulai dari oppo, vivo, samsung, xiaomi dan smartphone android lainya.

Namun sebelum kamu melakukannya. alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa itu virus? dan jenis-jenis virus yang sering muncul.

Virus Adalah 


Virus merupakan sebuah file yang merusak file lain, menyebabkan hilangnya data-data penting, dan masih banyak kerugian lainnya.

Salah satu penyebab masuknya virus di smartphone android adalah ketika berselancar didunia maya atau menginstall berbagai macam aplikasi dari luar google playstore.

Macam-Macam Virus Android

1. Engriks

Virus Engriks biasanya muncul dismartphone android kita jika kita sering mengunjungi situs-situs por*o. tanda-tanda HP kamu terkena virus ini biasanya HP kamu akan sering mendapatkan notifikasi aneh dan HP terasa berat.

2. Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

Jenis virus yang satu ini bisa dibilang yang paling berbahaya untuk perangkat android kita. Bahkan ada sebuah kasus yang saya jumpai ada sebuah android yang terkena virus ini dan tidak HP tersebut hang dan tidak bisa digunakan lagi. walapun sudah di flash sekalipun virus tersebut tidak akan hilang.

3. Obad

Virus android yang satu ini merupakan virus yang paling sering saya jumpai di berbagai macam smartphone android. Virus ini bisa mengakibatkan penderitanya sering kehilangan pulsa, Berhati-hatilah, karena mungkin android kita terserang oleh virus yang dikenal dengan nama Backdoor.AndroidOS.Obad.a ini

4. Cyber.Police

Selain virus Engriks virus ini juga muncul di smartphone yang sering digunakan untuk mengunjungi situs-situs por**. dan smartphone yang terkena virus ini tidak bisa digunakan karena iklan pop up yang terus menerus muncul.

Nah itulah beberapa virus yang sering muncul di smartphone android. Untuk menghapus atau membersihkan smartphone android ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melakukan Reset smartphone kepengaturan pabrik.

Cara Menghapus Virus di Android 2019

Dengan Aplikasi Pihak Ketiga
Kamu bisa menghapus berbagai macam virus yang ada di smartphone android menggunakan aplikasi pihak ketiga. aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghapus virus tersebut adalah.
  • Avast Mobile Security & Antivirus (Avast adalah aplikasi antivirus dengan fitur cukup lengkap. Diantaranya seperti membersihkan RAM, pengunci aplikasi, penghapus cache, mempercepat pengisian baterai, dan pemantau penggunaan data internet.)
  • Kaspersky Mobile Antivirus (Aplikasi antivirus yang satu ini memiliki fitur di antaranya, pemeriksaan latar belakang yakni memindai virus, proteksi antivirus. Ada juga pengunci aplikasi, melacak & menemukan ponsel kita jika hilang, melindungi informasi pribadi yang rentan dari pengintai.)
Nah kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk menghapus virus yang ada di smartphone android.

Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi kamu juga bisa menghapus virus yang ada di android tanpa menggunakan aplikasi tambahan. yaitu melalui halaman Safe Mode / Recovery mode.

Cara masuk kehalaman Safe Mode / Recovery mode itu berbeda-beda caranya. namuan yang paling umum adalah dengan menekan dan menahan tombol Volume Up + Powe secara bersamaan sampai masuk kehalaman recovery mode kemudian pilih Wipe data And Cache lalu konfirmasi dengan klik Yes_delete All User Data. lalu terahir klik Reboot untuk memulai ulang smartphone.

Atau kamu bisa juga melakukan reset melalui menu pengaturan dengan cara sebagai berikut.
  1. Masuk Kemenu Pengaturan Android Kamu.
  2. Kemudian Pilih menu Cadangkan & Pulihkan
  3. Lalu pilih menu Kembalikan Kesetalan Pabrik
  4. Lanjut klik Setel Ulang Telepon dan Pilih Hapus Semua.
  5. Selesai. smartphone kamu akan melakukan reboot dan kamu akan diarahkan dihalaman pengaturan pabrik seperti pertama kali kamu menghidupkan ponsel ini.
Demikianlah panduan cara menghapus virus di android. semoga panduan ini bisa membersihkan smartphone kamu dari berbagai macam serangan virus yang bisa merusak ponsel android yang kita miliki.